Info Kesehatan

RSIA. Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar Menerima Kunjungan dari USAID Dalam Rangka Kerjasama Untuk Mengatasi Tingkat Kematian Ibu dan Anak

Sabtu 2022-10-04 22:41:23

RSIA. Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar Menerima Kunjungan dari USAID Dalam Rangka Kerjasama Untuk Mengatasi Tingkat Kematian Ibu dan Anak

H. Usman Dahlan (Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Cabang Makassar) bersama Dr. dr. H. Nasrudin AM, Sp.OG(K)., MARS., M.Sc (Ketua BPH RSIA Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar) dan dr. Jusli Aras, M.Kes., Sp.A(K) (Direktur RSIA. Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar), menerima kunjungan US Government State / F Deputy Director, Tracy Carson dan rombongan di RSIA Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar, Selasa, 4 Oktober 2022.

RSIA Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar merupakan salah satu rumah sakit swasta yang mendapat pendampingan dari USAID MPHD bekerja sama dengan Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Muhammadiyah.

Dalam kunjungan tersebut, H. Usman Dahlan menerima para tamu didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Nursaidah, Ketua BPH RSIA Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar Dr. dr. H. Nasrudin AM, Sp.OG(K)., MARS., M.Sc, Direktur RSIA Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar dr. Jusli, M.Kes., Sp.A(K), dan anggota tim mentor Muhammadiyah Ribkhi Amalia.

Ketua PCM Makassar, H. Usman Dahlan mengatakan, pihaknya bersyukur atas kerjasama RSIA Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar ini dengan USAID. Pasalnya, kerja sama ini membuat sejumlah perubahan yang menjadikan rumah sakit ini lebih baik.

“Kerja sama ini membantu Muhammadiyah Kota Makassar memberikan pelayanan dakwah kesehatan kepada masyarakat sesuai cita - cita dan misi Persyarikatan ini,” ungkap Usman.

Sementara itu, US Government State/F Deputy Director, Tracy Carson menyampaikan dalam sambutannya dirinya merasa bahagia atas pecapaian RSIA Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar ini.

“Saya senang mengetahui tentang manfaat dan hasil awal dari dukungan Pemerintah Amerika Serikat di rumah sakit ini demi meningkatkan kualitas perawatan untuk menyelamatkan nyawa ibu dan bayi”.

Dalam kunjungan tersebut, US Government State/F Deputy Director mengikuti penjelasan manajemen rumah sakit dan mengobservasi tentang kemajuan perbaikan dari intervensi pasca pendampingan oleh program MPHD.

Ia juga turun langsung mengamati simulasi darurat maternal dan mendorong staf rumah sakit untuk terus bekerja dengan baik. Kunjungam Tracy ini disambut gembira para staf.

Sementara itu, Direktur RSIA Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar dr. Jusli, M.Kes., Sp.A(K) mengungkapkan, ia sangat bersyukur dengan terpilihnya rumah sakit yang dipimpinnya sebagai salah satu fasilitas kesehatan yang mendapatkan pendampingan dari program USAID melalui kerjasama MPHD dan MPKU.

Ia melaporkan, setelah mendapatkan mentoring dari MPHD, banyak perubahan positif di rumah sakit yang ia pimpin ini. Ia menyebutkan, hal ini terlihat pada manajemen dan pelayanan rumah sakit.

“Hal sederhana saja tapi selama ini kita luput, seperti tabung oksigen. Dahulu, kita biarkan begitu saja, tidak diikat. Padahal itu bahaya kalau tiba-tiba ada gempa, goyang, bisa - bisa menimpa bayi,” ungkap Dokter Jusli.

Ia menambahkan, sebelum mentoring MPHD, rumah sakit ini juga terkesan tertutup. Setelah program MPHD ini, kini pihaknya menyediakan pusat pengaduan dan survei kepuasan pasien atas pelayanan rumah sakit.

“Jadi kami sekarang terbuka, mendengar keluhan, saran terkait hal - hal yang perlu kami tingkatkan di rumah sakit ini untuk dilakukan peningkatan. Ini salah satu yang kami peroleh selama mentoring MPHD,” kata Dokter Jusri.

Program USAID MPHD memulai kegiatannya di Kota Makassar pada September 2021 dengan melakukan pengumpulan data dasar di beberapa fasilitas kesehatan swasta.

Hingga tahun 2022, program ini telah memberikan dukungan kepada delapan rumah sakit swasta melalui beberapa kegiatan.

Kegiatan tersebut yakni, lokakarya kapasitas rumah sakit swasta dalam penggunaan aplikasi SIMATNEO, MPDN, SISRUTE, dan pendampingan rumah sakit.

Selain itu, program MPHD juga menginisiasi Penyusunan Tim Kelompok Kerja (POKJA) Penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Kota Makassar dan sinkronisasi rencana kerja tahunan daerah.

Selain di Kota Makassar, USAID MPHD juga turut mendukung tiga kabupaten lain di Sulawesi Selatan yaitu Kabupaten Gowa, Bulukumba dan Toraja Utara.